Dalam presentasi, menarik perhatian audience adalah hal yang sangat penting. Presentasi digunakan untuk memberikan informasi dan jika tidak menarik, informasi ini tidak akan sampai pada audience. Untuk membuat presentasi yang menarik, tentu banyak hal yang bisa digunakan. Mulai dari desain Powerpoint, pembicara dan gimmick presentasi bisa saja digunakan untuk menarik perhatian

Presentasi yang menarik juga tentu lebih membekas pada pikirang audience. Misalkan saja saat seminar, dalam hal ini pembicara sering membuat lelucon yang topical dan berhubungan dengan presentasi. Audience yang menikmati hal ini, tentu akan lebih mengingat informasi yang disampaikan karena terasa berkesan.

Jika Anda ingin membuat presentasi mampu menarik audience dan berkesan, mari lihat cara – cara yang bisa Anda coba berikut ini:

Buat Presentasi Anda Pendek tapi Tepat Sasaran

Saat Anda menyiapkan presentasi, pastikan bahan dan penjelasan yang akan Anda sampaikan tidak terlalu lama. Menjaga perhatian audiens dalam waktu lama tentu akan sulit. Presentasi yang lama dan tetap menari tentu bisa diusahakan, tapi agar informasi dapat dicerna dengan baik, ada baiknya tidak terlalu memberi informasi terlalu banyak.

Maksimal audience dapat duduk fokus mendengarkan informasi adalah sekitar 30 menit. Orang yang dapat fokus mendengarkan selama ini adalah hanya tertentu saja, rata – rata 10 menit adalah attention span bagi orang biasa. Jika Anda ingin presentasi Anda pendek tapi tepat sasaran, 15 menit adalah panjang presentasi yang optimal.

Untuk 15 menit ini, Anda tentu masih harus memikirkan apa yang penting disampaikan, cara penyampaiannya dan tampilan slide yang akan ditunjukan. Pastikan rencanakan semua hal ini agar target waktu yang optimal bisa dicapai. Presentasi yang tanpa persiapan biasanya jarang tepat sasaran.

Buka Presentasi dengan Ice Breaker

Bagian yang paling penting pada presentasi adalah pada pembukaan. Membuka presentasi tentu akan membuat impresi audience kepada penyampai presentasi. Jika pembukaan ini baik, Anda sudah bisa menarik banyak orang untuk memperhatikan Anda sebagai presenter.

Untuk pembukaan ini, Anda bisa menggunakan ice breaker. Istilah ini sering digunakan untuk teknik berbicara yang menghilangkan rasa canggung dan kaku. Dalam menggunakannya, Anda bisa memilih memakai humor, statement kontroversial, menyampaikan anecdote relevan ataupun dengan kata – kata yang menggugah hati.

Mendapatkan pembukaan yang baik bisa dibilang meningkatkan kesuksesan presentasi sekitar 50%. Membuka pikiran audience untuk informasi adalah setengah jalan menjadikan apa yang Anda sampaikan melekat pada mereka. Jadi pikirkan ice breaker yang akan Anda gunakan dengan baik.

Buat Cerita dan Humor di Saat yang Tepat

Dalam presentasi, ada baiknya Anda kombinasikan beberapa segmen penyampaian informasi dengan humor, anekdot dan cerita pendek. Bagian ini bisa dipakai untuk refresh pemikiran audience untuk informasi yang baru.

Informasi yang terus dilancarkan saat presentasi hanya akan menyebabkan overload pada audience. Jika sudah mencapai overload, perhatian mereka bisa teralih dan penyerapan informasi menjadi berkurang. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi terutama saat bagian yang penting pada presentasi Anda.

Dalam menggunakan humor dan cerita ini, Anda pastikan spot – spot yang tepat agar tidak mengganggu flow penyampaian informasi. Biasanya banyak orang menggunakan humor sebagai komentar pada pembukaan ataupun penutup topik tertentu. Untuk penyampaian cerita, Anda bisa gunakan saat menjelaskan suatu konsep agar lebih relatable.

Gerakan dan Gestur Sebagai Alat Komunikasi

Dalam penyampaian presentasi, Anda tidak hanya memiliki slide dan suara Anda sebagai alat. Gerakan dan gesture bisa Anda manfaatkan untuk menerangkan sebuah informasi. Penggunaan dua hal ini bisa dijadikan tumpuan untuk menarik perhatian.

Saat berada di hadapan audience, perhatian mereka bisa Anda pusatkan pada dua hal, yaitu Anda sendiri sebagai presenter dan juga slide. Slide bisa Anda buat menarik dengan menggunakan gambar ataupun animasi tampilan yang menarik. Di sisi lain, Anda bisa membuat penyampaian lebih dinamik dengan gesture dan gerakan tubuh.

Maksimalkan Tampilan Desain Powerpoint Slide yang Anda Gunakan

Hal terakhir yang tentunya penting adalah tampilan desain Powerpoint yang Anda gunakan. Menggunakan tampilan slide yang menarik terkadang bisa jadi hal yang penting jika penyampaian Anda tidak maksimal. Menggunakan penampilan slide yang baik, audience mungkin hanya mendengarkan Anda dan mata lebih terpaku pada slide. Kombinasi ini terkadang sudah cukup untuk membuat presentasi menjadi sukses terutama jika penampilan desain Powerpoint yang Anda gunakan sesuai tema, unik dan menarik.

Jika Anda butuh desain Powerpoint yang menarik, silahkan saja mencoba jasa BikinSlide.com. Penampilan presentasi yang kuat dan mengikat bisa Anda dapatkan dengan mudah. Kualitas jasa ini bahkan sudah diakui banyak brand terkenal yang menggunakannya!

Open chat
1
Ada pertanyaan?
Halo Selamat datang di BikinSlide
Ada yang bisa kami bantu?